Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan e-Modul terhadap hasil belajar dan keaktifaan mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer. E-modul yang dimaksud dalam penelitian ini merupakan modul yang menarik dan dibuat secara digital yang mudah diakses dimanapun dan meningkatkan minat baca mahasiswa dengan tampilan yang bagus dan ditambahkan dengan soal dan quiz yang menyenangkan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang digunakan dalam pembelajaran aljabar linier elementer dinyatakan efektif, ditinjau dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 90% peserta didik tuntas dengan memperoleh nilai ? 70 dan hasil belajar menggunakan perhitungan N-Gain dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,8607 berada pada kategori “tinggi” serta keefektifan penggunaan e-modul didukung dengan uji t-paired test dengan nilai sig atau p-value yaitu 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil observasi menunjukkan bahwa sebesar 71,67% dengan kategori sangat aktif, 25% dengan kategori aktif dan sebesar 3,33% dengan kategori cukup aktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023