Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa suplemen bahan ajar pada mapel IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV Sekolah Dasar Kartika XVII-1 yang layak menurut penilaian ahli desai, ahli materi dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan metode campuran (mixed methode) dan menggunakan model ADDIE, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap implementasi atau uji coba lapangan dilaksanakan di Sekolah Dasar Kartika XVII-1 pada peserta didik kelas IV dengan jumlah responden 30 orang. Hasil penelitian ini berupa produk pengembangan suplemen bahan ajar untuk pembelajaran “Wujud Zat dan Perubahannya”. Hasil uji validasi produk oleh ahli desai mencapai rata-rata sebesar 4,3 (sangat valid) dan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi sebesar 4,3 (sangat valid). Selain itu ujicoba produk tahap I mencapai rata-rata sebesar 4,2 yang berkriteria sangat baik dan pada ujicoba tahap II mencapai rata-rata sebesar 4,4 yang berkriteria sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023