Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 05 PONTIANAK UTARA

Tea Shilaturrahmi (Universitas Tanjungpura)
Siti Halidjah (Universitas Tanjungpura)
Dyoty Auliya Vilda Ghasya (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap penguasaan konsep IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 05 Pontianak Utara. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Quasi-Experimental Design dengan jenis one group pre test-post test design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 26 peserta didik dan peserta didik kelas IV C yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan alat pengumpul data adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas eksperimen dan rata-rata tes akhir kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (separated varians) diperoleh thitung = 12,4923, sedangkan untuk dk (26 + 28- 2 = 52) dengan taraf signifikan ? = 5% diperoleh ttabel = 2,05183 yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, ini membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap penguasaan konsep IPAS. Berdasarkan hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh ES = 0,64 yang termasuk kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual memberikan pengaruh yang cukup terhadap penguasaan konsep IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 05 Pontianak Utara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...