Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) apa yang dimaksud dengan Implementasi perangkat pembelajaran Kurikulum Intergral (2) faktor pendukung dan penghabat Implementasi Perangkat Pembelajaran Kurikulum Intergral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan di analisis dengan cara trianggulasi. Hasil dari analisis studi penelitian ini menunjukkan bahwasannya: kurikulum Integral merupakan salah satu upaya pengembangan kurikulum dengan memadukan anatara kurikulum Berbasis Tauhid (KBT) dan kurikulum umum. Upaya integrasi kurikulum dilakukan tidak hanya terkait dengan isi materi, tetapi hingga metode hingga pengevaluasiannya dalam Proses Implementasi secara formal dilakukan di lingkungan sekolah dan di bawah tanggung jawab guru. Sementara waktu di luar jam sekolah (sore – malam), pengembangan pendidikan siswa dilakukan di rumah dan lingkungannya bersama orang tua. Karenanya, secara mandiri orang tua dituntut untuk berperan aktif dalam membina anaknya. Adapun Pendukung Implementasi Perangkat Pembelajaran kurikulum Integral Yakni Guru Memiliki Buku Pedoman Keseharian. dan Penghabat dalam Implementasi yakni Guru-guru dan karyawan yang kurang Memahami basis Kurikulum Integral Tauhid dan belum nya ada persiapan Perangkat pembelajaran. serta metode pembelajaran yang dilakukan tidak benar/baik/menarik/integral. Juga terdapat kelemahan dalam hal tersedianya sarana dan prasarana yang memadai demi berlangsungnya proses belajar-mengajar yang Islami, menyenangkan dan berkesan.
Copyrights © 2023