Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 4 No. 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Desember Tahun 2021

INFLUENCE OF IMPLEMENTING A CONTEXTUAL APPROACH ON GRAMMATICAL UNDERSTANDING IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT THE SENIOR HIGH SCHOOL LEVEL

Rozita Yusniaty Lodo Lodo (Universitas San Pedro)
Crystanty Sene (Universitas San Pedro)
Mansuetus Mola (Universitas San Pedro)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman gramatikal dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode tinjauan literatur digunakan untuk menganalisis temuan yang berkaitan dengan pendekatan kontekstual dari berbagai sumber, seperti buku teks, jurnal ilmiah, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual secara konsisten memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman tata bahasa siswa. Mengintegrasikan materi pembelajaran yang relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa membuka ruang untuk pembelajaran yang lebih bermakna. Temuan ini menyoroti peningkatan keterampilan bahasa, termasuk berbicara, menulis, dan memahami teks bahasa Inggris. Rekomendasi penelitian meliputi pengintegrasian pendekatan kontekstual ke dalam kurikulum, pelatihan guru, dan penyediaan materi pembelajaran kontekstual. Strategi pengajaran yang beragam, seperti penggunaan studi kasus dan proyek kehidupan nyata, diusulkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual kepada siswa. Evaluasi dan pemantauan yang berkelanjutan direkomendasikan untuk memastikan efektivitas pendekatan ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah atas, meningkatkan relevansi materi pembelajaran, dan memberikan dampak positif terhadap pemahaman tata bahasa siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...