Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMA KONSEP MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN INQUIRY

Yulia Tiara Tanjung (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Anggi Nur Nisa Tanjung (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan pemahaman konsep matematik dan self-efficacy siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dengan inquiry.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dengan inquiry; b) perbedaan self-efficacy siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dengan inquiry; c) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik; d) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas IX SMP Daarul Istiqlal Marendal. Pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelas, kelas IX-1 diberi model pembelajaran PBL dan kelas IX-2 diberi model pembelajaran inquiry. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes KAM, kemampuan pemahaman konsep matematik, dan angket self-efficacy. Analisis data menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dengan inquiry, dengan Fhitung > Ftabel yaitu 5,63 > 4,020. 2) Terdapat perbedaan self-efficacy siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dengan inquiry, dengan Fhitung > Ftabel yaitu 5,555 > 4,020. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik, dengan Fhitung > Ftabel yaitu 5,926 > 3,168. 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-efficacy siswa, Fhitung > Ftabel yaitu 4,021 > 3,168.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...