Filsafat sebagai ibu dari segala ilmu pengetahuan digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum Belajar Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan relevansi filsafat dalam pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum Belajar Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat relevansi filsafat dalam pembelajaran bahasa sesuai dengan Kurikulum Belajar Mandiri. Pertama, filsafat memberikan arahan pada pembelajaran bahasa. Kedua, pembelajaran bahasa merupakan bagian dari ontologi filsafat. Ketiga, pembelajaran bahasa, khususnya dalam kurikulum belajar mandiri, menggunakan teori filsafat konstruktivisme. Keempat, pembelajaran bahasa sesuai dengan teori filsafat modern dan postmodern. Kelima, filsafat moral digunakan dalam pembelajaran bahasa untuk mencapai kompetensi karakter Pancasila. Keenam, filsafat dan pembelajaran bahasa memiliki hubungan timbal balik. Ketujuh, nilai-nilai aksiologis, epistemologis, dan ontologis filsafat ditemukan dalam penilaian pembelajaran bahasa Indonesia. Kedelapan, terdapat teori kebenaran filsafat dalam pembelajaran bahasa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023