Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah melalui metode studi literatur. Dengan merinci konsep manajemen kepemimpinan, faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru, dan strategi manajemen kepemimpinan yang efektif, penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana kepemimpinan dapat menjadi katalisator peningkatan kualitas pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi yang baik, pengembangan kompetensi, dan pembangunan budaya organisasi positif adalah aspek kunci yang dapat meningkatkan kinerja guru. Faktor-faktor seperti dukungan administratif, motivasi intrinsik, dan kondisi lingkungan kerja juga memiliki peran penting. Dalam konteks ini, kinerja guru yang optimal diidentifikasi sebagai faktor yang berdampak langsung pada hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk pengembangan kebijakan dan praktek manajemen kepemimpinan di sekolah, dengan menekankan perlunya perluasan program pengembangan profesional dan penguatan sistem dukungan administratif.
Copyrights © 2023