Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP

Pixyoriza, Pixyoriza (Unknown)
Widyawati, Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik memalui penggunaan e-modul berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini merupakan Quaisi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Menggunakan dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen menggunakan e-modul berbasis Flip PDF Professional dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol tidak menggunakan e-modul. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes sebanyak 4 soal essay untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (Independent sample T-test) dan uji effect size. Dari analisis data diperoleh data hasil efektivitas kelas ekperimen sebesar 1,81 dan hasil effect size kelas konrol sebesar 1,71 yang artinya bahwa penggunaan e-modul efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik sehingga membuat mereka aktif selama pembelajaran materi teorema Pythagoras..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...