Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGARUH LAYANAN INFORMASI DALAM MENGURANGI PEER PRESSURE SISWA DI SMK MULTICOMP DEPOK

Susiati Susiati (Universitas Indraprasta PGRI)
Reysitta Oktaviani (Universitas Indraprasta PGRI)
Nani Hanifah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambar peer pressure siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi, serta mengetahui pengaruh layanan informasi dalam mengurangi peer pressure siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan desain penelitiannya one group pre-test post-test design, tujuannya untuk melihat perbedaan apakah ada penurunan yang diginifikan pada tingkat peer pressure siswa setelah diberikannya layananan informasi. Hasil ini ditunjukan dengan penurunan hasil skoring angket peer pressure pada posttest. Hasil pre-test menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kategori sangat rendah tidak ada, kategori rendah 4 siswa, kategori sedang 17 siswa, kategori tinggi 17 siswa dan kategori sangat tinggi tidak ada. Sedangkan hasil posttest menunjukan bahwa siswa yang memiliki kategori sangat rendah 17 siswa, kategori rendah 14 siswa, kategori sedang 7 siswa, kategori tinggi tidak ada dan kategori sangat tinggi tidak ada. Uji normalitas data dilakukan menggunakan uji One-sampel Kolmogorov-smirnov, diperoleh bahwa data berdistribusi normal dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 116 > 0,05. Hasil penguji hipotesis melalui uji Paired T-Test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan informasi dalam mengurangi peer pressure siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...