Penelitian ini menginvestigasi strategi pengembangan kompetensi dosen sebagai respons terhadap tantangan pendidikan abad ke-21. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi integrasi teknologi, pendekatan pembelajaran aktif, keterampilan interkultural, pendidikan berkelanjutan, kolaborasi industri, dan peran kepemimpinan sebagai aspek kunci dalam mempersiapkan dosen sebagai agen perubahan yang tanggap terhadap perubahan global. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan kompetensi dosen perlu melibatkan strategi holistik yang mencakup aspek teknis, akademis, dan sosial-kultural. Integrasi teknologi pembelajaran, pendekatan pembelajaran yang melibatkan mahasiswa secara aktif, dan pengembangan keterampilan interkultural dosen menjadi fokus penting. Selain itu, pendidikan berkelanjutan, kolaborasi dengan industri, dan peran kepemimpinan institusi pendidikan mendukung pengembangan kompetensi dosen secara berkelanjutan. Saran penelitian mencakup perlunya institusi pendidikan menyediakan dukungan yang lebih baik dalam hal fasilitas dan pelatihan, serta mendukung inovasi dan kolaborasi yang lebih erat antara dosen dan industri. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami kompleksitas tantangan dan strategi pengembangan kompetensi dosen di era pendidikan modern.
Copyrights © 2024