Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN UNTUK MENANGGAPI TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD KE-21

Pertiwi, Triani Patra (Unknown)
Pangestuti, Dheni Dwi (Unknown)
Febrian, Wenny Desty (Unknown)
Nove, Albertus Hengka (Unknown)
Megavitry, Rissa (Unknown)
Imanirubiarko, Sabda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi strategi pengembangan kompetensi dosen sebagai respons terhadap tantangan pendidikan abad ke-21. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi integrasi teknologi, pendekatan pembelajaran aktif, keterampilan interkultural, pendidikan berkelanjutan, kolaborasi industri, dan peran kepemimpinan sebagai aspek kunci dalam mempersiapkan dosen sebagai agen perubahan yang tanggap terhadap perubahan global. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan kompetensi dosen perlu melibatkan strategi holistik yang mencakup aspek teknis, akademis, dan sosial-kultural. Integrasi teknologi pembelajaran, pendekatan pembelajaran yang melibatkan mahasiswa secara aktif, dan pengembangan keterampilan interkultural dosen menjadi fokus penting. Selain itu, pendidikan berkelanjutan, kolaborasi dengan industri, dan peran kepemimpinan institusi pendidikan mendukung pengembangan kompetensi dosen secara berkelanjutan. Saran penelitian mencakup perlunya institusi pendidikan menyediakan dukungan yang lebih baik dalam hal fasilitas dan pelatihan, serta mendukung inovasi dan kolaborasi yang lebih erat antara dosen dan industri. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami kompleksitas tantangan dan strategi pengembangan kompetensi dosen di era pendidikan modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...