Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar kontekstual pada mata pelajaran IPAS ditujukan untuk siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Bahan ajar ini mencakup materi tentang gaya di sekitar kita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D (four D models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dessimination (penyebarluasan). Pada penelitian ini hanya mencapai tahapan development (pengembangan). Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Pontianak Kota. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil validasi angket pada aspek materi, aspek bahasa, dan aspek kegrafikan dari dua validator dan hasil kepraktisan bahan ajar dari dua guru dan peserta didik kelas IV SDN 12 Pontianak Kota. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar kontekstual pada mata pelajaran IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita dengan skor rata-rata 3,49 dengan kriteria “Sangat Baik atau Sangat Layak”. Kepraktisan produk bahan ajar kontekstual dinyatakan dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dengan skor rata-rata kepraktisan oleh peserta didik kelompok kecil 3,55 dengan kriteria “Sangat Praktis”, skor rata-rata kelompok besar 3,70 dengan kriteria “Sangat Praktis” dan skor rata-rata kepraktisan oleh guru 4,00 dengan kriteria “Sangat Praktis”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024