Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan

EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK BI KUNINGAN (Analisis Menggunakan Model Evaluasi Countenance)

Atin Suhartini (Unknown)
Iwanuz Zurur (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK Tahun Ajaran 2020/2021. Komponen yang dievaluasi ada 3 yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran. 2) Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Penilaian Autentik. 3) Hasil Pembelajaran terkait aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Countenance Stake. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa data komponen implementasi kurikulum untuk kemudian dibandingkan dengan standar dari Kemdikbud. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendidikan agama islam dan siswa kelas 10, 11 dan 12 jurusan Farmasi. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan lembar dokumen data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan Pembelajaran dengan nilai 66.67% pada kategori baik sekali, 11.11% pada kategori baik, dan 22.22% pada kategori cukup. Pelaksanaan pembelajaran didapatkan persentase nilai 52.94% pada kategori baik sekali, 17.65% pada kategori baik, 11.76% pada kategori cukup, dan 17.65% pada kategori kurang. hasil pembelajaran didapatkan persentase 100% pada kategori baik sekali.Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi Kurikulum, Kurikulum 2013

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

istifkar

Publisher

Subject

Religion Education

Description

1) Ilmu Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Evaluasi Pendidikan Islam, 4) Psikologi Pendidikan, 5) Filsafat Pendidikan, 6) Metode Pembelajaran dan Pengajaran, 7) Kajian Pendidikan Pesantren 8) Kajian Pendidikan ...