Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks kelas XI di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel penelitian. Sampel berasal dari kelas XI IPA sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menggunakan SPSS v.19 untuk mengolah hasil analisis data dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif didapatkan bahwasanya model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh baik pada hasil belajar siswa. Nilai rata–rata yang didapatkan saat pretest yaitu 42,86, sedangkan posttest sebesar 70,71. Kedua data tersebut meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 27,85. Perbandingan nilai probabilitas diketahui dari Asymp.Sig.(2-tailed) saat menguji hipotesis data pada uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk data pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis data didapatkan bahwasanya Ha diterima sesuai hasil Asymp.Sig.(2-tailed), yaitu . Dengan artian, penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada materi matriks menghasilkan perbedaan rata-rata yang signifikan secara statistik antara hasil belajar pretest dan posttest. Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks kelas XI di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.
Copyrights © 2023