Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2023

Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran

Syarifuddin Syarifuddin (Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Adi Apriadi Adiansha (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak dan mengembangkan budaya positif pembelajaran di Kabupaten Bima melalui pendampingan individu dan lokakarya pendidikan guru penggerak. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan sasaran kegiatan adalah 7 guru penggerak dari Angkatan 4 Kabupaten Bima. Pendampingan individu dilakukan dengan memberikan pendampingan langsung oleh tim pendamping kepada setiap guru pengerak yang terlibat dalam kegiatan guru penggerak. Pendampingan ini berupa observasi, pengamatan, dan memberikan saran dan masukan yang bersifat konstruktif dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak. Selain itu, lokakarya juga dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak dan memperkenalkan budaya positif pembelajaran. Lokakarya ini dilakukan secara interaktif dengan pendekatan edukatif yang mengarah pada pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan individu dan lokakarya pendidikan guru penggerak sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dan memperkenalkan budaya positif pembelajaran di Kabupaten Bima. Guru-guru yang terlibat dalam kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan mengajar dan penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Selain itu, para guru penggerak juga mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan menyenangkan. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pendampingan individu dan lokakarya pendidikan guru penggerak dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dan memperkenalkan budaya positif pembelajaran di Kabupaten Bima. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan menyenangkan bagi siswa. Guru penggerak sudah tertanam nilai-nilai guru penggerak dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap guru penggerak yaitu berpihak pada siswa, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...