Jurnal Pustaka Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): April

Pengembangan Bahan Ajar Modul Menulis Puisi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bengkulu

Miftahul Jannah (Unknown)
Heny Friantary (Unknown)
Feny Martina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Sering sekali keterampilan menulis dianggap sebagai sebuah keterampilan yang sulit dipelajari dan diajarkan oleh guru, karena keterampilan menulis banyak membutuhkan sebuah proses yang panjang serta pemikiran yang komplek. Pada dasarnya, mata pelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa dalam mempelajari ilmu bahasa dan ilmu sastra. Keterapilan menulis puisi merupakan salah satu keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran dan keefektivitasan modul pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pengembangan meliputi 5 langkah yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi.Populasi dan sumber yang digunakan dalam penelitan ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari penyebaran angket kuisioner kepada responden. Penelitian ini memperoleh bukti bahwa guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berbentuk modul pembelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk menulis puisi karyanya sendiri sesuai dengan unsur serta langkah yang ada dan bisa menambah referensi bahan ajar bagi guru serta referensi pembelajaran bagi siswa. Dari hasil perhitungan didapat rata-rata kebutuhan siswa dan guru terhadap pembelajar menulis puisi adalah sebesar 85,95% sehingga termasuk dalam kategori setuju. Serta penelitan ini juga memperoleh bukti bahwa modul pembelajaran menulis puisi efektif meningkatkan kemempuan menulis puisi siswa SMP Negeri 5 Kota Bengkulu ditemukan bahwa rata-rata tingkat efektivitas modul pembelajaran mencapai angka 88,125 % termasuk kedalam kategori sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan ...