Jurnal Pustaka Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2021): April

Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Buku Nonfiksi Pada Kelas VIII SMPN 03 Tanjung Sakti Pumi Kabuputen Lahat

Prindi Pransisko (UIN FATMAWATI BENGKULU)
Ali Akbarjono (Unknown)
Ixsir Eliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Guru Bahasa Indonesa dalam Pembelajaran Membaca Cepat Buku Nonfiksi Pada kelas VIII SMPN 3 Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat, untuk mengetahui kendala- Kendala guru yang di hadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran pada materi membaca cepat buku nonfiksi, untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran membaca cepat buku nonfiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan Data menggunakan observai, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, kecukupan resensi dan menghadiri penelitian. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil penelitiannya menunjukkan (1) Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran Membaca Cepat Buku Nonfiksi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 03 Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat adalah Strategi Pembelajaran Kooperatif. Teknik membaca cepat yang di terapkan atau digunakan kepada perta didik adalah, teknik Skimming. (2) Kendala guru yang di hadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran pada materi membaca cepat buku nonfiksi Bahasa Indonesia kelas Pada Siswa Kelas VIII SMPN 03 Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat adalah kurangnya sarana dan prasana, waktu yang terbatas, kurangnya perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru, dan kurang adanya sifat suka bekerjasama. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala- kendala yang terjadi pada saat pembelajaran yaitu dengan membuat pokok masalah atau materi semenarik mungkin, mengkaitkan materi dengan dunia nyata atau dunia peserta didik itu sendiri, dan dengan membuat atau mempergunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan dapat dipergunakan oleh semua peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan ...