Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 9 No. 2 (2023)

Perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Kalukuang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa

Sulfa Hardianti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Tarman A. Arif (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Haslinda Haslinda (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa. Jenis ipenelitian iini iadalah ipenelitian IQuasi-Experimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kalukuang Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 58 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Kedua kelompok ini merupakan kelompok yang diberikan perlakuan. Pada kelompok eksperimen 1 akan diterapkan strategi Direct Writing Activity dan kelompok eksperimen 2 diterapkan Strategi Think Talk Write menggunakan media Flashcard pada kedua kelompok eksperimen tersebut. Kedua kelompok ini sama-sama akan diberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen 1 yang berjumlah 27 siswa yaitu 69,04 dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 31 siswa yaitu 67,06. Sedangkan rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa setelah diberikan perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen 1 yang berjumlah 27 siswa yaitu 86,4 dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 31 siswa yaitu 79,8. Artinya strategi Direct Writing Activity lebih baik dibandingkan startegi Think Talk Write sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa strategi Direct Writing Activity dengan strategi Think Talk Write memperoleh nilai sig 0,200 > 0,05 dan nilai sig 0,112 >0,05 hasil dari uji anova. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...