Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovey learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti, Sumatera Barat. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen. Rancangan yang dipilih adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMP Negeri 2 Lembah Gumanti, Sumatera Barat. Instrumen penelitian terdiri atas tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksposisi, LKPD keterampilan menulis teks eksposisi melalui model dicovery learning, dan RPP terkait. Prosedur penelitian adalah pelaksanaan pretes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum perlakuan, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi melalui mode discovery learning, dan postes keterampilan menulis teks eksposisi. Untuk mengetahui pengaruh model disecovey learning dalam pembelajaran dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t sampel berpasangan secara manual tetapi divalidasi secara SPSS. Hal ini dilakukan karena semua uji asumsi yakni uji nomalitas dan uji homogenitas terpenuhi. Hasil pengujian ditemukan bahwa nilai t = 5,621. Nilai t tabel pada tingkat kepercayaan 0,95 dan derajad kebebasan 29 sebesar 1,699. Dengan demikian, t = 5,621 > t0,95(29) = 1,699 sehingga Ho ditolak. Kesimpulannya, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Copyrights © 2022