Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa

Suhana, Prihatin (Unknown)
Erlina (Unknown)
Thahir, Asriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan amanat teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut interpretasi siswa. Pendeskripsian itu juga dilakukan menurut jenis amanat per kelompok sampel yakni nama sekolah. Penelitian deskriptif ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Singkep dan SMK Negeri 1 Singkep di wilayah administrasi Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil 2021/2022. Populasi penelitian ini sebanyak 240 yang terbagi dari 181 siswa SMA Negeri 1 Singkep dan 59 siswa SMK Negeri 1 Singkep. Sampel berjumlah 140 siswa dengan rincian 113 siswa SMA Negerri 1 Singkep dan 37 siswa SMK Negeri 1 Singkep. Disediakan 5 jenis amanat untuk dipilih siswa sebagai amanat utama, amanat pendukung-1, dan amanat pendukung-2 sesuai dengan interpretasi mereka masingmasing. Data amanat teks anekdot menurut interpretasi siswa dikumpulkan menggunakan tes objektif melalui aplikasi google form. Analisis data menggunakan teknik modus untuk menentukan amanat utama dan 2 amanat pendukung menurut interpretasi siswa. Menurut interpretasi siswa, amanat utama teks anekdot ‘Anak Anjing’ adalah ‘sebutkan rujukan setiap pendapat’, amanat pendukung-1 adalah ‘akuilah kebenaran’, dan amanat pendukung-2 adalah ‘bantulah pekerjaan orang tua’. Terdapat perbedaan interpretasi amanat utama, amanat pendukung-1, dan amanat pendukung-2 antara siswa SMA Negeri 1 Singkep dan siswa SMK Negeri Singkep.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...