Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 5 (2022): September 2022

Prates Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Berbasis Instrumen Online bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia

Rika Widawati (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikaan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia)
Sulistianah Sulistianah (Prodi PGSD, STKIP Al Islam Tunas Bangsa, Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis pendahuluan untuk artikel ilmiah berbasis instrumen online bagi anggota sampel. Penelitian dilakukan di awal semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian adalah mahasiswa S-1 sejumlah 42 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia yang mengikuti dan submit prates via google form berbasis artikel ilmiah online. Jumlah ini terbagi dari 15 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidkan Ilmu Komputer, 15 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan 12 mahasiswa baru S-1 Prodi Biologi. Sampel ditetapkan sebanyak 39 mahasiswa baru yang terbagi dari 14 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidikan Ilmu Komputer, 14 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan 11 mahasiswa baru S-1 Prodi Biologi; ditarik secara random sederhana dari setiap anggota kelompok populasi. Instrumen penelitian berbentuk tes esai berupa uraian menulis latar belakang, rumusan masalah, tujuan, definisi operasional, dan artikel relevan berbasis artikel online. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik karena uji asumsi terpenuhi. Uji t satu sampel, uji t sampel independen, dan uji ANOVA searah digunakan sebagai alat untuk menganalisis data sesuai dengan rumusan masalah. Semua pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS. Untuk rumusan ke-1 ditemukan nilai t = 0,497 untuk uji t satu sampel pada sig. = 0,622 sehingga sig. = 0,497 > 0,05 yang bermakna hasil prates keterampilan menulis pendahuluan artikel berkategori rendah. Nilai F = 0,902 untuk uji ANOVA searah untuk prodi pada sig. = 0,415 sehingga sig. = 0,415 > 0,05 yang bermakna hasil prates keterampilan menulis pendahuluan artikel online berdasarkan perbedaan prodi tidak memperlihatkan perbedaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...