Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 5 (2022): September 2022

Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur

Refni Yanti (SMA Negeri 15 Pekanbaru, Riau, Indonesia)
Sumi Harti (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketermpilan membaca teks laporan hasil observasi, mendeskripsikan keterampilan membaca teks prosedur, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur. Penelitian berlangsung diawal semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di kelas XI SMA Negeri 15 Pekanbaru. Metode yang dditerapkan dalam penelitin ini adalah metode kuantitatif, Populasi penelitian ini berjumlah 32 siswa. Dari jumlah ini ditarik sampel secara random tanpa pengembalian sebanyak 30 siswa. Penetapan jumlah sampel mengikuti prinsip yang dikembangkan oleh Slavin. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan tes keterampilan membaca teks prosedur. Semua tes berbentuk pilihan ganda yang memenuhisyarat validitas isi. Data dianalisis menggunakan prosedur uji t satu sampel guna mencapai tujuan pertama dan tujuan kedua. Analisis data juga menggunakan uji korelasi r product-moment guna mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur. Semua penghitungan menggunakan SPSS. Mean pembanding keterampilan membaca teks laporan hasil observasi 7 atau 70,00; Ho uji t satu sampel diterima karena nilai sig. 00 > 0,05. Mean pembanding keterampilan membaca teks prosedur 7 atau 70,00; Ho uji t satu sampel diterima karena nilai sig. 00 > 0,05. Nilai r korelasi sebesar 0,528 yang bermakna bahwa antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur memiliki derjad hubungan sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...