Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran tanpa menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif; 2) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran dengan menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif; 3) pengaruh teknik scaffolding berbasis media inovatif dalam pembelajaran keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisim profetik. Penelitian dilakukan di SMAIT Fajar Ilahi, Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan penelitian berlangsung awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X SMA yang mengikuti tes keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik berjumlah 24 siswa. Jumlah ini terbagi dari 9 siswa kelas Jabir bin Abdullah dan 15 siswa Khaulah binti Tsalabah. Sampel ditetapkan sebanyak 22 siswa mengacu kepada formula yang dikembangkan Slavin; 8 siswa kelas Jabir bin Abdullah dan 14 siswa Khaulah binti Tsalabah; dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Data keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yang valid. Data dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Syarat homogenitas variansi dan teknik sampling terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran tanpa menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif mencapai KKM 64,17; 2) keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik melalui pembelajaran dengan menerapkan teknik scaffolding berbasis media inovatif mencapai KKM 78,35; 3) teknik scaffolding berbasis media inovatif berpengaruh sangat signifikan dalam pembelajaran keterampilan menulis struktur tesis teks eksposisi profetik. Kata Kunci: teknik scaffolding, media inovatif, struktur tesis, teks eskposisi
Copyrights © 2023