Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa pada pembelajaran SKI setelah penerapan Metode Treasure Hunt di kelas VIII MTsN 1 Langkat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam Penelitian adalah siswa kelas VIII MTs dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan tes, yang sesuai dengan prosedur penelitian dengan mengamati siklus I dan siklus II. Hasil penelitian bahwa penerapan metode Treasure Hunt dapat dilaksanakan dengan baik melalui dua siklus. Hal ini dapat diketahui melalui aktivitas yang dilakukan oleh guru pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi guru pada siklus I yaitu (cukup) kemudian menjadi 87,6 (baik) pada siklus II. Selain itu metode Treasure Hunt dapat dikatakan berhasil diakrenakan hasil angket respon siswa terhhadap metode Treasure Hunt menunjukan persentase 95% ( sangat Baik). Setelah pelaksanaan metode Treasure Hunt keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil observasi pada pra siklus yaitu 57,41%. meningkat menjadi 72,90%pada siklus I dan terus mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,16%. Sehingga berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode Treasure Hunt dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI di Kelas VIII VIII MTsN 1 Langkat..
Copyrights © 2022