Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua dirumah terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi Covid-l9 di TK Dahlia Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 15 orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan data pretest memperoleh hasil nilai rata-rata l9,95 dengan standar deviasi 0.85375 dan hasil nilai rata-rata post- test 29,46 dengan standar deviasi 3.052l4. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan melalui uji t menunjukkan bahwa Hl diterima. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan orang tua dan anak selama pembelajaran dari rumah yang dilakukan secara bermakna dengan bantuan guru secara efektif meningkatkan kemampuan menulis awal anak.
Copyrights © 2022