MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 1 No. 2 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2023

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN READING COMPREHENSION MATERI EXPLANATION TEXT MELALUI MEDIA MYSTERY BOX

Solekah Solekah (Universitas PGRI Semarang)
Dias Andris Susanto (Universitas PGRI Semarang)
Dwi Budi Rahayu (SMA Negeri 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Bahasa Inggris sebagai Foreign Language (EFL) dianggap salah satu pelajaran yang sulit dipahami bagi peserta didik, yang berpengaruh pada motivasi belajar. Motivasi belajar sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Terutama dalam membaca pemahaman explnation text yang berisi teks panjang mengenai proses terjadinya sesuatu fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan Reading Comprehension materi Explanation Text pada peserta didik kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan media Mystery Box. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 8 SMAN 6 Semarang yang berjumlah 35. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan Reading Comprehension Explanation Text dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 menunjukkan adanya peningkatan hasil. Siklus 1 memiliki rata-rata nilai 67,43 dengan prosentase ketuntasan belajar 31%. Sedangkan pada siklus 2 memiliki nilai rata-rata 96.86 dengan prosentase ketuntasan belajar sebanyak 97%. Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik , penulis menganalisis dari hasil kuesioner. Hasil analisis dari kuesioner tersebut yaitu sebanyak 47,4% peserta didik menyatakan sangat setuju,  47,4 % peserta didik setuju dan 5,3%  peserta didik tidak setuju bahwa penggunaan media Mystery box dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Mystery Box dapat meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Reading Comprehension Materi Explanation Text pada Peserta Didik Kelas XI MIPA  8 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...