Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi dan hambatan orang tua siswadalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI SD N Minggiran, Mantrijeron, YogyakartaTahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2017 di SD Negeri Minggiran, Mantrijeron,Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dalam penelitianini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah teknik model Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu berasal dari guru kelas VI, orangtua siswa kelas VI, dan siswa kelas VI. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik yaitumenggunakan berbagai teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat dua bentuk partisipasiorang tua, yaitu (1) Bentuk partisipasi fisik orang tua siswa kelas VI yaitu penyediaan fasilitas tempatbelajar dan fasilitas alat-alat bantu belajar. (2) Bentuk partisipasi non-fisik yang diberikan oleh orangtua siswa kelas VI yaitu pemberian bimbingan dan arahan serta pemberian perhatian kepada anak. (3)Hambatan yang dialami dalam kegiatan partisipasi orang tua yaitu beberapa orang tua siswa sibukbekerja, sehingga tidak dapat hadir dalam kegiatan forum paguyuban orang tua siswa kelas VI.
Copyrights © 2018