Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD pada mata pelajaranMatematika dan khususnya dalam materi operasi hitung perkalian menggunakan media pembelajaran TulangNapier.Penelitian dilakukan di SD N Sembungan semester I tahun 2017/2018 Bangunjiwo Kasihan Bantuldengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas. Prosedur dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi(4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi catatan lapangan,wawancara, dan tes prestasi. Analisis menggunakan nilai rata rata dan persentase ketuntasan hasil setiapsiklus.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunakan media tulang napier dapat meningkatkanproses keterlaksanaan pembelajaran, dapat dilihat dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaranpada siklus I 71,88% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,28%. (2) Penggunaan Tulang Napier dapatmeningkatkan prestasi belajar matematika, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukantindakan adalah 68,59 dengan persentse ketuntasan 62,5% setelah dilaksanakan tindakan siklus I rata-ratanilai meningkat menjadi 76,67 dengan ketuntasan mencapai 71,88%. dan pada siklus II nilai rata-rata siswameningkat menjadi 84,48 dengan ketuntasan mencapai 90,63 %.
Copyrights © 2018