Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan ModelPembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ampih KebumenJenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan desainpenelitian Kemmis dan Mc. Taggrat yang terdiri dari: perencanaan (planning), tindakan (acting),observasi (observing), refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yangberjumlah 20 siswa dan objek dari penelitian ini adalah “penerapan model pembelajaraan team gamestournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPAâ€. Penelitian ini dilaksanakan dalam duasiklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Instrumenpenelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pemahaman konsep, catatanlapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisisdata kuantitatif menggunakan model rata-rata dan persentase.Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan modelpembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelasIV SD Negeri Ampih Kebumen. Hal ini ditunjukkan dengan : (1) rata-rata persentase hasil ulanganharian 62,52 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69 dengankriteria cukup. Dan meningkat lagi menjadi 86 pada siklus II dengan kriteria sangat baik dan sudahmemenuhi indikator pencapaian dari penelitian ini sehingga peneletian dinyatakan berhasil. (2) hasilobservasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 85% dengan kriteria sanagat baik menjadi 100% padasiklus II dengan kriteria sangat baik dan kegiatan siswa sebesar 82.5% dengan kriteria sangat baikmenjadi 95% pada siklus II dengan kriteria sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018