Jurnal PGSD Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal PGSD Indonesia

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS IV SD NEGERI AMPIH KEBUMEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Nahrun Akbar (Universitas PGRI Yogyakarta)
Wahyu Kurniawati (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan ModelPembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ampih KebumenJenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan desainpenelitian Kemmis dan Mc. Taggrat yang terdiri dari: perencanaan (planning), tindakan (acting),observasi (observing), refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yangberjumlah 20 siswa dan objek dari penelitian ini adalah “penerapan model pembelajaraan team gamestournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA”. Penelitian ini dilaksanakan dalam duasiklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Instrumenpenelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pemahaman konsep, catatanlapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisisdata kuantitatif menggunakan model rata-rata dan persentase.Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan modelpembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelasIV SD Negeri Ampih Kebumen. Hal ini ditunjukkan dengan : (1) rata-rata persentase hasil ulanganharian 62,52 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69 dengankriteria cukup. Dan meningkat lagi menjadi 86 pada siklus II dengan kriteria sangat baik dan sudahmemenuhi indikator pencapaian dari penelitian ini sehingga peneletian dinyatakan berhasil. (2) hasilobservasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 85% dengan kriteria sanagat baik menjadi 100% padasiklus II dengan kriteria sangat baik dan kegiatan siswa sebesar 82.5% dengan kriteria sangat baikmenjadi 95% pada siklus II dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal PGSD Indonesia bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui artikel penelitian ilmiah yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti melalui kajian dari artikel review (meta analisis) sebagai upaya memperkaya ilmu pengetahuan di bidang ...