Jurnal PGSD Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal PGSD Indonesia

PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERHADAP REMEDIASI MISKONSEPSI IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TERONG DLINGO BANTUL

Andriyani Andriyani (Universitas PGRI Yogyakarta)
Wahyu Kurniawati (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap remediasi miskonsepsiIPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Terong Dlingo Bantul. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Terong, Dlingo,Bantul pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasiexperiment). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest-posttest design, denganmengambil sampel penelitian satu kelas yaitu siswa kelas IV sebanyak 21 siswa. Instrumen penelitian berupates untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik komparasional yang dilanjutkandengan Uji t dengan jenis uji beda dua mean data berpasangan pada taraf signifikansi 𝛼 = 0,05. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuandan setelah perlakuan. Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata pretest 65,12, sedangkan nilai ratarataposttest 80,24, maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri berpengaruh terhadap remediasimiskonsepsi IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Terong, Dlingo, Bantul.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal PGSD Indonesia bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui artikel penelitian ilmiah yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti melalui kajian dari artikel review (meta analisis) sebagai upaya memperkaya ilmu pengetahuan di bidang ...