Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap remediasi miskonsepsiIPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Terong Dlingo Bantul. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Terong, Dlingo,Bantul pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasiexperiment). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest-posttest design, denganmengambil sampel penelitian satu kelas yaitu siswa kelas IV sebanyak 21 siswa. Instrumen penelitian berupates untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik komparasional yang dilanjutkandengan Uji t dengan jenis uji beda dua mean data berpasangan pada taraf signifikansi 𛼠= 0,05. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuandan setelah perlakuan. Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata pretest 65,12, sedangkan nilai ratarataposttest 80,24, maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri berpengaruh terhadap remediasimiskonsepsi IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Terong, Dlingo, Bantul.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018