Penelitian ini mengulas studi literatur terkait pentingnya mengubah kepemimpinan dalam pendidikan agar tidak didorong oleh ambisi pribadi dan ego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berbasis pelayanan dan kolaboratif memiliki dampak positif pada prestasi siswa, hubungan antar anggota tim, dan iklim pendidikan secara keseluruhan. Temuan penelitian juga menekankan pentingnya integritas, etika, dan pengelolaan ego dalam kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan yang mencerminkan nilai-nilai etika mampu memberikan contoh yang baik bagi siswa dan anggota tim. Selain itu, pengelolaan ego yang baik membantu pemimpin dalam pengambilan keputusan yang lebih bijaksana dan membangun hubungan yang harmonis. Studi literatur juga menyoroti perlunya perubahan budaya organisasi menuju kepemimpinan yang inklusif dan kolaboratif. Budaya yang mendorong partisipasi aktif, komunikasi terbuka, dan kerja sama tim berkontribusi pada peningkatan pencapaian siswa dan kepuasan anggota tim. Dalam rangka memajukan pendidikan, penting bagi pemimpin pendidikan untuk melampaui ambisi pribadi dan menerapkan pendekatan kepemimpinan yang berfokus pada pelayanan, kolaborasi, nilai-nilai etika, dan pengelolaan ego yang baik. Dengan demikian, dapat tercipta lingkungan pendidikan yang inklusif, partisipatif, dan mendukung perkembangan holistik siswa.
Copyrights © 2023