Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan hasil kesulitan membaca siswa kelas tinggi dan faktor yang menghambat pembaca kelas tinggi juga solusi yang bisa dilakukan. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V di SDN Bojongsalam 04. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 1 anak yang mengalami kesulitan membaca. Faktor penyebab dari kesulitan anak tersebut diantaranya keterbatasan keterampilan dasar membaca seperti mengenali huruf, memahami bunyi huruf, atau menggabungkan bunyi-bunyi huruf menjadi kata-kata. Kurangnya minat-motivasi membaca serta kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar seperti orang tua dan juga guru. Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua ialah memberikan perhatian kepada anak dengan melatih membaca terus menerus, memberikan perhatian lebih, juga menggunakan metode belajar baru untuk anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023