Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena adanya sikap siswa yang kurang disiplin maka diterapkan pemberian reward dan punishment untuk mengatasi siswa kelas IV yang kurang disiplin. Permasalahan dalam masalah ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak?” tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward dan punishment terhadap perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis angket disiplin sebanyak 67% siswa menjawab selalu, 21% siswa menjawab sering, 9% siswa menjawab kadang kadang, dan 2% siswa menjawab tidak pernah. Dan pada hasil angket reward dan punishment sebanyak 53% siswa menjawab selalu, 20% siswa menjawab sering, 15% siswa menjawab kadang-kadang dan 13% siswa menjawab tidak pernah. Disimpulkan bahwa adanya pemberian reward dan punishment mampu memberikan penguatan perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Bintoro 2 Demak. Saran yang dapat disampaikan adalah dengan memberikan reward dan punishment sesuai kebutuhan siswa.
Copyrights © 2023