Indonesian Journal of Elementary School
Vol 3, No 2 (2023): November 2023

IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DI KELAS IV SDN KALICARI 01

Farah Nurin Amalina (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Prasena Arisyanto (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Duwi Nuvitalia (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode mind mapping pada pembelajaran IPAS materi wujud zat di kelas IV SDN Kalicari 01. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sasaran peneliti adalah 28 subyek dari siswa kelas IV A. Teknik dalam pengumpulan data mempergunakan observasi, angket, wawancara maupun studi dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data melalui tahap pencarian maupun penyusunan data secara terstruktur, peneliti terjun ke lapangan sampai akhir penelitian. Hasil observasi kegiatan siswa dalam implementasi metode mind mapping dapat dilihat melalui persentase 92,85% yang termasuk kategori “baik” dan hasil angket siswa terhadap metode mind mapping pada pembelajaran IPAS materi wujud zat memperoleh persentase 82,14% dengan hasil “baik”. Artinya, bahwa implementasi metode mind mapping dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...