Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Transformasi Keterampilan Proses Sains melalui Kooperatif Numbered Head Together

Arwan Wiratman (Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia)
Putri (Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kooperatif numbered head together terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif dengan Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas empat Madrasah Ibtidaiyah Al-Qashash Tobea yang berjumlah 27 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes. Peneliti mengobservasi kegiatan siswa dan memberikan lembar tes yang memuat indikator keterampilan proses sains yaitu mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kooperatif numbered head together terhadap keterampilan proses sains siswa yang dibuktikan dengan hasil ujit T dengan nilai signifikansi 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bawah nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 0,6594 ≤ 0,70 sehingga berada pada kategori cukup efektif. Peningkatan keterampilan proses siswa ini menegaskan manfaat kooperatif numbered head together dalam konteks pembelajaran yang melibatkan keterampilan proses sains di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...