Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Perkembangan Pendidikan Tinggi ISLAM di Indonesia (Studi Kasus STIT AI-Kifayah Ke STAI AI-Kifayah)

Alwan Hendri (Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia)
A Andari (Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia)
Yundri Akhyar (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami evolusi pendidikan tinggi Islam di Indonesia, dengan fokus khusus pada transformasi STIT AI-Kifayah menjadi STAI AI-Kifayah. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang dikombinasikan dengan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui buku dan sumber lain yang relevan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menyoroti sejarah perkembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia, dimulai dari berdirinya ptain pada tahun 1951, diikuti oleh adia pada tahun 1957, IAIN pada tahun 1960, STAIN pada tahun 1997, dan UIN pada tahun 2002. Ditemukan bahwa pendidikan Islam semakin memperhatikan dinamika internal dan eksternal, yang berkontribusi pada peningkatan kualitas dan kuantitas. Contoh spesifik dari evolusi ini adalah perubahan stit AI-Kifayah menjadi STAI AI-Kifayah, yang merupakan bagian dari tren peningkatan dan diversifikasi dalam pendidikan tinggi Islam di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...