Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Efektivitas Penggunaan Aplikasi GeoGebra pada Materi Vektor Terhadap Hasil Belajar dan Self-Efficacy Mahasiswa

Arfin (Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)
Melania Eva Wulanningtyas (Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)
Veven (Universitas Tanjungpura, Pontianak)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan self-efficacy antara mahasiswa yang belajar materi Vektor dengan menggunakan aplikasi GeoGebra dengan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-eksperimen dengan pretest–posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang mengambil mata kuliah Matematika 4 pada Tahun Akademik 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Kelas A dan Kelas C yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, di mana kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket self-efficacy. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test (α = 5%) menggunakan program IBM SPSS V.25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada data posttest hasil belajar diperoleh sig(2-tailed) = 0,021 dan pada data angket self-efficacy diperoleh sig(2-tailed) = 0,018. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra; dan (2) terdapat perbedaan self-efficacy antara mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...