Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran video tutorial, (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran video tutorial, mendeskripsikan kelebihan dan kendala yang dihadapi saat media pembelajaran video tutorial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Multimedia Pembelajaran yang terdiri dari tahapan Analisis kebutuhan, Desain pembelajaran, Produksi/pengembangan multimedia, Validasi ahli, Revisi, Uji coba produk. Hasil pengembangan multimedia interaktif melalui validitas ahli dan tahap uji coba telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Setelah diimplementasikan pada mata kuliah komputer pembelajaran semester II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik memenuhi standar. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, dosen dan mahasiswa sebagai pengguna media tersebut. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan efektif dan layak digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023