Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12 No 2 (2023): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui PjBL Berbasis Pop Up Book Pada Siswa SMP

Amelia Sundari (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Sistiana Windyariani (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Billyardi Ramdhan (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif melalui PJBL berbasis Pop up book. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN 1 Kadudampit tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian kelas VIIIC yang terdiri dari 22 Siswa. Instrumen yang digunakan adalah tees kemampuan berpikir kreatif dan angket respon kemampuan berpikir kreatif terdiri dari 8 butir soal uraian dengan indikator yaitu fluency (kelancaran), flexibility (kelenturan), orisinility (keaslian), dan elaboration (keterincian). Hasil penelitian menunjukkan berpikir lancar dengan rata-rata (66,67) (baik,) 2) Berpikir luwes dengan rata-rata (74,43) (baik,) 3) Berpikir original dengan rata-rata (100) (sangat baik,) 4,) berpikir elaborative dengan rata-rata (93,62) (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Profil kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 1 Kadudampit dengan rata-rata nilai 80 sangat baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...