Pembelajaran ini dilaksanakan karena motivasi siswa yang masih rendah, diketahui siswa kurang banyak bertanya kepada guru pada saat pembelajaran dan siswa terkadang merasa bosan pada saat pembelajaran. Guru perlu mengembangkan strategi dengan menerapkan investigasi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan eksplorasi lingkungan (JAS) menggunakan model investigasi kelompok terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 30 Bone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pendekatan Eksplorasi Lingkungan (JAS) dengan Model Group Investigation berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Biologi Kelas X MIPA SMAN 30 Bone. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan yaitu 0,000 artinya nilai 0,000 < 0,05. Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan tentang bagaimana penerapan metode pembelajaran pendekatan eksplorasi alam mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2023