ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

Analisis Dampak Positif Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 6 Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat di SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe

Inda, Isna (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan permainan ular tangga sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metodologi penelitian melibatkan pendekatan eksperimental dengan desain penelitian kuasi-eksperimen, di mana siswa diacak menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran dengan permainan ular tangga, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan akhir, serta kuesioner motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji statistik ANOVA dan uji-t independen. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan motivasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung penggunaan permainan ular tangga sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Implikasi praktis dan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dibahas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...