Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 3 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Strategi berinovasi guru di sekolah menengah atas

M. Nur Mustafa (Universitas Riau)
Hermandra Hermandra (Universitas Riau)
Zulhafizh Zulhafizh (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Inovasi sebagai suatu terobosan yang dapat dilakukan guru dalam mendorong perbaikan pendidikan. Berbagai strategi dapat dilakukan guru dalam rangga menghadirkan inovasi. Inovasi yang dilakukan guru sebagai suatu yang perlu dideskripsikan. Maka, penelitian ini berupaya mendeskripsikan berbagai strategi guru yang mendorong aktivitas inovatif. Metode penelitian berupa survei dengan dilengkapi instrumen strategi berinovasi para guru Sekolah Menengah Atas di Kota Pekanbaru. Sampel guru sebagai informan berjumlah 108 orang diambil secara random.  Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa angket berskala Likert. Analisis instrumen berkategori valid dengan berbagai varian kategori Alfa Cronbach’s (>0,400) dan Chi-kuadrat 20620,625 (p>0,05). Analisis data dilakukan melalui analisis korelasi Product Moment, deskriptif-mean dan standar deviasi, Anova satu arah, dan koefisien diterminan (R) untuk mengindikasikan potensi pengaruh yang ditimbulkan masing-masing dimensi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dimensi untuk berinovasi di sekolah menengah atas secara umum berkategori sangat tinggi (4,722) pada SD 0,302. Hasil implementasi memperlihatkan dimensi penataan tugas tidak signifikan dalam strategi berinovasi baik antar kelompok maupun dalam kelompok. Ditinjau dari koefisien diterminan lebih rendah (0,084) dibandingkan dimensi lain. Hal ini memperlihatkan strategi selain penataan tugas dapat menjadi pemicu dalam berinovasi di Sekolah Menengah Atas di Kota Pekanbaru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...