SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya
Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA

MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SMAN 1 PEKALONGAN

Albadawi, Rivat (Unknown)
Hidayat, Bobi (Unknown)
Kuswono, Kuswono (Unknown)
Tasnur, Irvan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran sejarah, 2) mengetahui hasil penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki dampak efektif bagi siswa dalam belajar dan juga sebagai media belajar online yang membantu guru dalam pemberian materi, daftar hadir, serta tugas kepada siswa lebih mudah dan praktis. Kedua, hasil implentasi google classroom terhadap motivasi siswa dalam penggunaan google classroom dibagi berdasarkan indikator, kelas, dan jenis kelamin. Idikator 1 sampai indikator 4 memperoleh rata-rata persentase 75% dengan frekuensi 43 siswa dan siswi dalam kategori baik. Berdasarkan kelas XI IPS 1, XI IPA 2, XI IPA 1 memperoleh rata-rata persentase 74,4% dalam kategori baik, sedangkan untuk jenis kelamin siswa putra dan siswi putri dengan total jumlah responden 43 menunjukkan rata-rata persentase 75% dalam kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

swarnadwipa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

The focus and scope of this journal are: Deep History: This journal explores history with an in-depth approach to unearth valuable pieces of the past that influenced the development of society and culture. Social Dynamics: Involves careful analysis of changes and evolution in social structures, ...