ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 1 (2024): ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisplin, Januari 2024

Implementasi Pelayanan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 101/II Muara Bungo

Sartika, Deri (Unknown)
Pratama, Putra (Unknown)
Tiara, Febby (Unknown)
S, Novi Dwi (Unknown)
Andriani, Opi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Pendidikan inklusi di sekolah dasar perlu mendapatkan perhatian lebih mengingat Peserta didik sekolah dasar yang masih perlu perhatian intensif dari pendidik ditambah dengan kehadiran Peserta didik berkebutuhan khusus, tentunya hal tersebut bukan mudah untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan wali kelas. Hasil dari penelitian ini yaitu: pada beberapa kelas terdapat anak berkebutuhan khusus yang berbeda diantaranya ada yang berkebutuhan khusus pada emosional (tunalaras), fisik (tunawicara) dan di bidang intelektual (slowlearner). Hasil penelitian ini adalah saat pelaksanaan pembelajaran guru belum memberikan pelayanan sesuai dengan prinsip layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Hal yang harus dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru harus memahami dan memberikan pelayanan sesuai prinsip layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan memberikan pendekatan dalam layanan pendidikan bagi ABK.

Copyrights © 2024