JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 4 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan Engineering Design Process pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

Pingkan Aprileni Memorika Rianto (Universitas Jember)
Pramudya Dwi Aristya Putra (Universitas Jember)
Zainur Rasyid Ridlo (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang disebabkan pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan EDP pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maesan pada semester ganjil 2023/2024 dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan purposive sampling serta melakukan obervasi dan melakukan wawancara dengan guru IPA. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan jenis quasi experiment control group design. Penelitian akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maesan pada semester ganjil 2023/2024 dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan purposive sampling serta melakukan obervasi dan melakukan wawancara dengan guru IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...