Artikel ini memberikan gambaran mengenai perkembangan penggunaan teknologi augmented reality (AR) dalam pembelajaran fisika, sehingga harapannya dapat memberikan arah dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Metode penelitian menggunakan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses), analisis yang dilakukan sebanyak 53 artikel berkaitan dengan AR yang dipublikasikan sejak tahun 2017 hingga 2022. Penelitian AR dalam pembelajaran fisika mengalami peningkatan hingga puncaknya di tahun 2022, yang didominasi oleh topik penelitian pengembangan media pembelajaran. Jenjang sekolah yang sering dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu jenjang SMA, dengan besar ukuran sampel 1-30 responden. Metode yang mendominasi penelitian AR adalah R&D model ADDIE. Penggunaan AR menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik. Hasil yang didapatkan dari tinjauan literatur menunjukkan terdapat keberhasilan pengembangan teknologi AR dalam menunjang capaian pembelajaran pada berbagai konsep fisika. Menggabungkan bahan ajar yang telah ada dengan didukung teknologi AR menggunakan smartphone mampu mengubah wajah pembelajaran fisika saat ini dan dimasa mendatang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023