Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Sendratari Mêras Gandrung di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Permasalahan yang mendasari penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran guru dan siswa dalam mengembangkan materi pembelajaran tari Jêjêr Gandrung dalam pertunjukan Sendratari Mêras Gandrung, selain dijadikan sebagai hasil proses pembelajaran juga sudah tercantum dalam kalender wisata Banyuwangi yang selalu mengadakan pertunjukan rutin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sendratari Mêras Gandrung di SMK Negeri 1 Banyuwangi meliputi 1) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi, 2) tahapan pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung, 3) pembagian kegiatan yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung melibatkan siswa secara penuh dalam segala rangkaian kegiatan. Titik fokus dalam proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung adalah kreativitas siswa dalam berpikir dan menciptakan hal baru. Proses pembelajaran Sendratari Mêras Gandrung merupakan tempat yang paling tepat digunakan untuk siswa mengembangkan potensi dan keahliannya, karena siswa tidak hanya belajar satu bidang seni saja tetapi juga mempelajari bidang seni ainnya.Kata kunci: proses pembelajaran, sendratari meras gandrung The problem underlying this research is the role of theacher and students in develope learning materials for the Jêjêr Gandrung dance in the Sendratari Mêras Gandrung performance so that besides beingused as a result of the learning processit is also included in the Banyuwangi tourist calendar which always holds regular performances. The purpose of this study is to describe the process of learning the Sendratari Mêras Gandrung at SMK Negeri 1 Banyuwangi. This study uses a qualitative method with a case study research type. The results of the study show that the learning process of the Sendratari Meras Gandrung at SMK Negeri 1 Banyuwangi include 1) the learning method used by the teacher in delivering the materials 2) the learning stages of the Sendratari Mêras Gandrung 3) the division of activities that are applied in the learning process. The learning process by Sendratari Mêras Gandrung fully involves students in all series of activities. The focal point in the learning process of Sendratari Mêras Gandrung work is the students creativity in thinking and creating new things. The learning process of Sendratari Mêras Gandrung is the most appropriate place for students to develop their potential and expertise, because students do not only learn one art field but also learn other art fields. Keywords: learning process, sendratari meras gandrung
Copyrights © 2023