Proses pembelajaran IPA saat ini masih terfokus pada guru, dimana belum menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan ketika belajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) bentuk non equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX A di SMP Negeri 2 Tondano sebagai kelas ekperimen dengan jumlah responden 20 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui pre-test dan post-test. Rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas eksperimen yaitu 17,95 29,7 dan rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas kontrol yaitu 29,7. Analisis data dengan uji statistik uji t dengan kriteria pengujian, yaitu terima jika . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 2,024, maka tolak dan terima dari hasil tersebut di peroleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD.
Copyrights © 2023