Pinisi: Journal of Teacher Proffesional
Vol 4, No 2 (2023): Agustus

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN TIPE MODEL PEMBELAJARAN TGT

Amir Pada (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat berlajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournamen. Metode yang digunakan untuk mendapatkaan data yaitu observasi dan dokumentasi, subjek penelitian peserta didik kelas X.8 SMAN 5 Bone sebanyak 31 dari 16 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan, mata pelajaran Biologi pokok bahasan Keanekaragaman Hayati. Pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Pada pembelajaran biasanya dilakukan dengan memberikan materi melalui ceramah kemudian diberi tugas sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses belajar. Berdasarkan hasil penelitian dengan tipe model Team Game Tournamen dengan mengintegrasikan gerakan viral TikTok dalam  kegiatan pembelajaran, memberikan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran. Pada penelitian pada siklus 1 minat belajar peserta didik telah mencapai indikator yaitu 64,2% dan pada siklus ke II menunjukkan adanya peningkatan pada peserta didik, berdasarkan lembar observasi kegiatan peserta didik diproleh angka persentase Minat yaitu 89,2% yang menunjukkan dalam kategori sangat aktif, begitu pula dengan kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran Team Game Tournamen juga masuk kedalam kategori sangat baik yaitu 85,7%. Berdasarkan hasil yang didapat pada siklus II maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X.8 SMAN 5 Bone dinyatakan berhasil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TPJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Pinisi: Journal of Teacher Professional is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher education. We publish original research papers, review articles and case studies focused on ...