Pinisi: Journal of Teacher Proffesional
Vol 3, No 1 (2022): April

Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Amir Pada (PGSD Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Hidup Rukun di rumah. Pendekatan yang  diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri 20 Pangkajene. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II A dan II B Sekolah Dasar Negeri 20 Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang yang terdiri dari 40 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 Hidup Rukun di rumah. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 71,43, sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60,16. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 80% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 70%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa  H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (18,400) > ttabel (2.093), Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 Hidup Rukun di rumah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga menggunakan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TPJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Pinisi: Journal of Teacher Professional is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher education. We publish original research papers, review articles and case studies focused on ...