Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Hidup Rukun di rumah. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri 20 Pangkajene. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II A dan II B Sekolah Dasar Negeri 20 Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang yang terdiri dari 40 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 Hidup Rukun di rumah. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 71,43, sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60,16. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 80% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 70%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (18,400) > ttabel (2.093), Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 Hidup Rukun di rumah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga menggunakan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2022